Pages

Rabu, 16 Desember 2015

PENILAIAN DIRI

TUGAS ASSESSMENT
“PENILAIAN DIRI”

 











Kelompok 2
Pendidikan Sains B 2013
1.     Rizka Yuni R.               (13030654056)
2.     Fidya Amelia                (13030654061)
3.     Faroh Novianti M.        (13030654067)
4.     Ria Restu Fu’ani          (13030654078)



UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SAINS
2014

PENILAIAN DIRI
A.    Pengertian
Penilaian diri adalah suatu teknik penilaian di mana peserta didik diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan status, proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya.

B.     Tujuan
Tujuan utama dari penilaian diri adalah untuk mendukung atau memperbaiki proses dan hasil belajar. Meskipun demikian hasil penilaian diri dapat digunakan guru sebagai bahan pertimbangan untuk memberi nilai.

C.    Kelebihan dan Kelemahan Penilaian Diri
Ø  Kelebihan penilaian diri
Teknik penilaian diri memiliki keunggulan, yaitu dapat juga digunakan untuk mengukur seluruh kompetensi baik kognitif, afektif dan juga psikomotor.
1)      Penilaian kompetensi kognitif di kelas, misalnya: peserta didik diminta untuk menilai penguasaan pengetahuan dan keterampilan berpikirnya sebagai hasil belajar dari suatu mata pelajaran tertentu. Penilaian diri peserta didik didasarkan atas kriteria atau acuan yang telah disiapkan.
2)      Penilaian kompetensi afektif, misalnya, peserta didik dapat diminta untuk membuat tulisan yang memuat curahan perasaannya terhadap suatu objek tertentu. Selanjutnya, peserta didik diminta untuk melakukan penilaian berdasarkan kriteria atau acuan yang telah disiapkan.
3)      Berkaitan dengan penilaian kompetensi psikomotorik, peserta didik dapat diminta untuk menilai kecakapan atau keterampilan yang telah dikuasainya berdasarkan kriteria atau acuan yang telah disiapkan.
Ø  Kelemahan Penilaian diri
Ada beberapa kendala dalam pelaksanaan penilaian diri, antara lain:
1)      Karena peserta didik belum terbiasa dan terlatih, sangat terbuka kemungkinan bahwa peserta didik banyak melakukan kesalahan dalam penilaian.
2)      Ada kemungkinan peserta didik sangat subjektif dalam melakukan penilaian, karena terdorong oleh keinginan untuk mendapatkan nilai yang baik. Oleh karena itu, pada taraf awal, guru perlu melakukan langkah-langkah telaah terhadap hasil penilaian diri peserta didik. Guru perlu mengambil sampel antara 10% s.d. 20% untuk ditelaah, dikoreksi, dan dilakukan penilaian ulang. Apabila hasil koreksi ulang yang dilakukan oleh guru menunjukkan bahwa peserta didik banyak melakukan kesalahan-kesalahan dalam melakukan koreksi, guru dapat mengembalikan seluruh hasil pekerjaan kepada peserta didik untuk dikoreksi kembali, dengan menunjukkan catatan tentang kelemahan-kelemahan yang telah mereka lakukan dalam koreksian pertama. Dua atau tiga kali guru melakukan langkah-langkah koreksi dan telaahan seperti ini, para peserta didik menjadi terlatih dalam melakukan penilaian diri secara baik, objektif, dan jujur. Apabila peserta didik telah terlatih dalam melakukan penilaian diri secara guru. Hasil penilaian diri yang dilakukan peserta didik juga dapat dipercaya serta dapat dipahami, diinterpresikan, dan digunakan seperti hasil penilaian yang dilakukan oleh guru.
3)      Guru harus membaca dan mengevaluasi satu persatu, sehingga hal tersebut membutuhkan waktu dan kesabaran.










D.    Contoh Instrumen Penilaian Diri
Flowchart: Document: TEMUKAN SIKAP ANDA !
 



Petunjuk
1.      Bacalah setiap pernyataan dengan cermat
2.      Berikan tanggapan Anda terhadap setiap pernyataan dengan cara menuliskan angka 1,2,3 dan 4 pada kotak yang tidak diarsir
1 = jika pernyataan sama sekali tidak menggambarkan diri Anda
2 = jika pernyataan sedikit menggambarkan diri Andaa
3 = jika pernyataan hampir menggambarkan diri Anda
4 = jika pernyataan sangat cocok untuk menggambarkan diri Anda
No
Pernyataan
Skor
1
Saya berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran atau praktikum







2
Saya pernah menyontek pada saat mengerjakan Ulangan







3
Saya menghormati teman yang berbeda pendapat







4
Saya selalu mengembalikan alat dan bahan praktikum seperti keadaan semula







5
Saya berani mengambil keputusan secara cepat dan bisa dipertanggungjawabkan







6
Saya menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender







7
Saya masuk kelas tepat waktu







8
Saya mengucapkan terima kasih saat menerima bantuan dari orang lain







9
Saya memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum 







10
Saya berani menunjukkan kemampuan yang dimiliki di depan orang banyak







11
Saya berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain







12
Saya tersenyum, menyapa, memberi salam kepada orang yang ada di sekitar kita







13
Saya mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan







14
Saya berani mengakui kesalahan yang saya lakukan







15
Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan







16
Saya tidak menyela pembicaraan saat teman saya sedang mengungkapkan pendapatnya







17
Saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapat teman







18
Saya mengumpulkan tugas tepat waktu







19
Saya berani mencoba hal-hal yang baru







20
Saya selalu ikut dalam kerja kelompok







21
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain








Total skor
















Flowchart: Document: TEMUKAN SIKAP ANDA ! 



Petunjuk
1.      Bacalah setiap pernyataan dengan cermat
2.      Berikan tanggapan Anda terhadap setiap pernyataan dengan cara menuliskan angka 1,2,3 dan 4 pada kotak yang tidak diarsir
1 = jika pernyataan sama sekali tidak menggambarkan diri Anda
2 = jika pernyataan sedikit menggambarkan diri Andaa
3 = jika pernyataan hampir menggambarkan diri Anda
4 = jika pernyataan sangat cocok untuk menggambarkan diri Anda
No
Pernyataan
Skor
1
Saya berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran atau praktikum
Spiritual






2
Saya pernah menyontek pada saat mengerjakan Ulangan

jujur





3
Saya menghormati teman yang berbeda pendapat




toleransi


4
Saya selalu mengembalikan alat dan bahan praktikum seperti keadaan semula


TJ




5
Saya berani mengambil keputusan secara cepat dan bisa dipertanggungjawabkan





PD

6
Saya menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender




toleransi


7
Saya masuk kelas tepat waktu



disiplin



8
Saya mengucapkan terima kasih saat menerima bantuan dari orang lain






santun
9
Saya memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum 
Spiritual






10
Saya berani menunjukkan kemampuan yang dimiliki di depan orang banyak





PD

11
Saya berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain


TJ




12
Saya tersenyum, menyapa, memberi salam kepada orang yang ada di sekitar kita






santun
13
Saya mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan



disiplin



14
Saya berani mengakui kesalahan yang saya lakukan

jujur





15
Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan
Spiritual






16
Saya tidak menyela pembicaraan saat teman saya sedang mengungkapkan pendapatnya






santun
17
Saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapat teman




toleransi


18
Saya mengumpulkan tugas tepat waktu



disiplin



19
Saya berani mencoba hal-hal yang baru





PD

20
Saya selalu ikut dalam kerja kelompok


TJ




21
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain

jujur






Total skor








Nilai maksimal pada setiap kolom sikap yaitu 12
Jadi, Jika nilai setiap kolom pada setiap sikap lebih dari 6 maka sikap Anda pada setiap aspek sikap bagus. Jika nilai setiap kolom kurang lebih dari 6 maka sikap Anda pada setiap aspek sikap kurang bagus. Dari rubrik tersebut maka anda dapat melihat sikap anda dan menilai sikap anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar