TUGAS ASSESSMENT
“PENILAIAN DIRI”
Kelompok 2
Pendidikan Sains B 2013
1.
Rizka
Yuni R. (13030654056)
2.
Fidya
Amelia (13030654061)
3.
Faroh
Novianti M. (13030654067)
4.
Ria
Restu Fu’ani (13030654078)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SAINS
2014
PENILAIAN DIRI
A.
Pengertian
Penilaian diri adalah suatu
teknik penilaian di mana peserta didik diminta untuk menilai dirinya sendiri
berkaitan dengan status, proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang
dipelajarinya.
B.
Tujuan
Tujuan utama dari penilaian diri adalah
untuk mendukung atau memperbaiki proses dan hasil belajar. Meskipun demikian
hasil penilaian diri dapat digunakan guru sebagai bahan pertimbangan untuk
memberi nilai.
C.
Kelebihan
dan Kelemahan Penilaian Diri
Ø Kelebihan penilaian
diri
Teknik penilaian diri memiliki
keunggulan, yaitu dapat juga digunakan untuk mengukur seluruh kompetensi baik
kognitif, afektif dan juga psikomotor.
1) Penilaian
kompetensi kognitif di kelas, misalnya: peserta didik diminta untuk menilai
penguasaan pengetahuan dan keterampilan berpikirnya sebagai hasil belajar dari
suatu mata pelajaran tertentu. Penilaian diri peserta didik didasarkan atas
kriteria atau acuan yang telah disiapkan.
2) Penilaian
kompetensi afektif, misalnya, peserta didik dapat diminta untuk membuat tulisan
yang memuat curahan perasaannya terhadap suatu objek tertentu. Selanjutnya,
peserta didik diminta untuk melakukan penilaian berdasarkan kriteria atau acuan
yang telah disiapkan.
3) Berkaitan
dengan penilaian kompetensi psikomotorik, peserta didik dapat diminta untuk
menilai kecakapan atau keterampilan yang telah dikuasainya berdasarkan kriteria
atau acuan yang telah disiapkan.
Ø Kelemahan Penilaian
diri
Ada beberapa
kendala dalam pelaksanaan penilaian diri, antara lain:
1) Karena
peserta didik belum terbiasa dan terlatih, sangat terbuka kemungkinan bahwa
peserta didik banyak melakukan kesalahan dalam penilaian.
2) Ada
kemungkinan peserta didik sangat subjektif dalam melakukan penilaian, karena terdorong
oleh keinginan untuk mendapatkan nilai yang baik. Oleh karena itu, pada taraf
awal, guru perlu melakukan langkah-langkah telaah terhadap hasil penilaian diri
peserta didik. Guru perlu mengambil sampel antara 10% s.d. 20% untuk ditelaah,
dikoreksi, dan dilakukan penilaian ulang. Apabila hasil koreksi ulang yang
dilakukan oleh guru menunjukkan bahwa peserta didik banyak melakukan
kesalahan-kesalahan dalam melakukan koreksi, guru dapat mengembalikan seluruh
hasil pekerjaan kepada peserta didik untuk dikoreksi kembali, dengan
menunjukkan catatan tentang kelemahan-kelemahan yang telah mereka lakukan dalam
koreksian pertama. Dua atau tiga kali guru melakukan langkah-langkah koreksi
dan telaahan seperti ini, para peserta didik menjadi terlatih dalam melakukan
penilaian diri secara baik, objektif, dan jujur. Apabila peserta didik telah
terlatih dalam melakukan penilaian diri secara guru. Hasil penilaian diri yang
dilakukan peserta didik juga dapat dipercaya serta dapat dipahami,
diinterpresikan, dan digunakan seperti hasil penilaian yang dilakukan oleh
guru.
3) Guru
harus membaca dan mengevaluasi satu persatu, sehingga hal tersebut membutuhkan
waktu dan kesabaran.
D.
Contoh
Instrumen Penilaian Diri
Petunjuk
1.
Bacalah
setiap pernyataan dengan cermat
2.
Berikan
tanggapan Anda terhadap setiap pernyataan dengan cara menuliskan angka 1,2,3
dan 4 pada kotak yang tidak diarsir
1
= jika pernyataan sama sekali tidak menggambarkan diri Anda
2
= jika pernyataan sedikit menggambarkan diri Andaa
3
= jika pernyataan hampir menggambarkan diri Anda
4
= jika pernyataan sangat cocok untuk menggambarkan diri Anda
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
||||||
1
|
Saya berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
pembelajaran atau praktikum
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Saya pernah menyontek pada saat mengerjakan Ulangan
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya menghormati teman yang berbeda pendapat
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya selalu mengembalikan alat dan bahan praktikum
seperti keadaan semula
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Saya berani mengambil keputusan secara cepat dan
bisa dipertanggungjawabkan
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Saya menghormati teman yang berbeda suku, agama,
ras, budaya, dan gender
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Saya masuk kelas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Saya mengucapkan terima kasih saat menerima bantuan
dari orang lain
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Saya memberi salam sebelum dan sesudah
mengungkapkan pendapat di depan umum
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Saya berani menunjukkan kemampuan yang dimiliki di
depan orang banyak
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Saya berani meminta maaf jika melakukan kesalahan
yang merugikan orang lain
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Saya tersenyum, menyapa, memberi salam kepada orang
yang ada di sekitar kita
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Saya mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang
ditetapkan
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Saya berani mengakui kesalahan yang saya lakukan
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Saya mengucapkan rasa syukur atas segala
karunia Tuhan
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Saya tidak menyela pembicaraan saat teman saya
sedang mengungkapkan pendapatnya
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan
pendapat teman
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Saya mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Saya berani mencoba hal-hal yang baru
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Saya selalu ikut dalam kerja kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban
teman yang lain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total skor
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
1.
Bacalah
setiap pernyataan dengan cermat
2.
Berikan
tanggapan Anda terhadap setiap pernyataan dengan cara menuliskan angka 1,2,3
dan 4 pada kotak yang tidak diarsir
1
= jika pernyataan sama sekali tidak menggambarkan diri Anda
2
= jika pernyataan sedikit menggambarkan diri Andaa
3
= jika pernyataan hampir menggambarkan diri Anda
4
= jika pernyataan sangat cocok untuk menggambarkan diri Anda
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
||||||
1
|
Saya berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
pembelajaran atau praktikum
|
Spiritual
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Saya pernah menyontek pada saat mengerjakan Ulangan
|
|
jujur
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya menghormati teman yang berbeda pendapat
|
|
|
|
|
toleransi
|
|
|
4
|
Saya selalu mengembalikan alat dan bahan praktikum
seperti keadaan semula
|
|
|
TJ
|
|
|
|
|
5
|
Saya berani mengambil keputusan secara cepat dan
bisa dipertanggungjawabkan
|
|
|
|
|
|
PD
|
|
6
|
Saya menghormati teman yang berbeda suku, agama,
ras, budaya, dan gender
|
|
|
|
|
toleransi
|
|
|
7
|
Saya masuk kelas tepat waktu
|
|
|
|
disiplin
|
|
|
|
8
|
Saya mengucapkan terima kasih saat menerima bantuan
dari orang lain
|
|
|
|
|
|
|
santun
|
9
|
Saya memberi salam sebelum dan sesudah
mengungkapkan pendapat di depan umum
|
Spiritual
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Saya berani menunjukkan kemampuan yang dimiliki di
depan orang banyak
|
|
|
|
|
|
PD
|
|
11
|
Saya berani meminta maaf jika melakukan kesalahan
yang merugikan orang lain
|
|
|
TJ
|
|
|
|
|
12
|
Saya tersenyum, menyapa, memberi salam kepada orang
yang ada di sekitar kita
|
|
|
|
|
|
|
santun
|
13
|
Saya mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang
ditetapkan
|
|
|
|
disiplin
|
|
|
|
14
|
Saya berani mengakui kesalahan yang saya lakukan
|
|
jujur
|
|
|
|
|
|
15
|
Saya mengucapkan rasa syukur atas segala
karunia Tuhan
|
Spiritual
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Saya tidak menyela pembicaraan saat teman saya
sedang mengungkapkan pendapatnya
|
|
|
|
|
|
|
santun
|
17
|
Saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan
pendapat teman
|
|
|
|
|
toleransi
|
|
|
18
|
Saya mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
|
disiplin
|
|
|
|
19
|
Saya berani mencoba hal-hal yang baru
|
|
|
|
|
|
PD
|
|
20
|
Saya selalu ikut dalam kerja kelompok
|
|
|
TJ
|
|
|
|
|
21
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban
teman yang lain
|
|
jujur
|
|
|
|
|
|
|
Total skor
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai maksimal pada setiap kolom sikap yaitu 12
Jadi, Jika nilai setiap kolom pada setiap sikap lebih dari 6 maka
sikap Anda pada setiap aspek sikap bagus. Jika nilai setiap kolom kurang lebih
dari 6 maka sikap Anda pada setiap aspek sikap kurang bagus. Dari rubrik
tersebut maka anda dapat melihat sikap anda dan menilai sikap anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar